Cari Film Atau Artis

Yang Paling Banyak Dilihat

Profil Lengkap Aktor India : Shahrukh Khan

Profil dan Kisah Sukses Shahrukh Khan
Shahrukh Khan (Hindi: शाहरुख़ ख़ान,), adalah aktor yang sangat diakui oleh organisasi Indian Film yang bekerja di film Bollywood, serta produser film dan pembawa acara televisi.
Khan memulai karirnya tampil di beberapa serial televisi di akhir 1980-an. Dia membuat debut filmnya dengan sukses secara komersial Deewana (1992). Sejak itu, ia telah menjadi bagian dari banyak kesuksesan komersial dan telah melahirkan berbagai pertunjukan kritis diakui. Selama tahun di industri film India, ia telah memenangkan tiga belas Filmfare Awards, tujuh di antaranya berada di kategori Aktor Terbaik.
Sementara beberapa dari Khan film paling terkenal: Dilwale Dulhaniya Le Jayenge (1995), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Chak De India (2007) dan Om Shanti Om (2007), tetap beberapa hits terbesar Bollywood, film-film seperti Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001), Kal Ho Naa Ho (2003), Veer-Zaara (2004) dan Kabhi Alvida Naa Kehna (2006) telah produksi top-terlaris di pasar luar negeri, membuat Khan salah satu aktor yang paling sukses dari Hindi bioskop . Sejak tahun 2000, Khan bercabang ke produksi film dan penyajian televisi juga. Dia adalah pendiri-pemilik dari dua perusahaan produksi, Dreamz Unlimited dan Red Chillies Entertainment. Pada tahun 2008, Newsweek bernama dia salah satu dari 50 orang paling kuat di dunia.
Khan lahir pada tahun 1965 untuk orang tua Muslim Pathan keturunan di New Delhi, India. Ayahnya, Taj Mohammed Khan, adalah seorang pejuang kemerdekaan India dari Peshawar, British India. Ibunya, Lateef Fatima, adalah anak angkat dari Mayor Jenderal Shah Nawaz Khan dari klan Rajput Janjua. Ia menjabat sebagai General dalam Tentara Nasional India Subash Chandra Bose. Ayah Khan datang ke New Delhi dari Qissa Khawani Bazaar di Peshawar sebelum partisi dari India, sementara keluarga ibunya berasal dari Rawalpindi, British India. Khan memiliki kakak perempuan bernama Shehnaz.



Dalam sebuah wawancara dengan Ariana Afghan televisi, Shahrukh Khan telah mengklaim bahwa kakeknya adalah dari Afghanistan dan ia sendiri pernah ke Afghanistan dan berbicara beberapa Farsi juga.
Khan dihadiri Sekolah St Columba mana ia dicapai dalam olahraga, drama, dan akademisi. Ia memenangkan Sword of Honour, penghargaan tahunan yang diberikan kepada siswa yang paling mewakili semangat sekolah. Khan kemudian menghadiri College Hansraj (1985-1988) dan memperoleh Ekonomi nya (kehormatan). Meskipun ia mengejar gelar Master dalam Komunikasi Misa di Jamia Millia Islamia, ia kemudian memilih keluar untuk membuat karirnya di Bollywood.
Setelah kematian orang tuanya, Khan pindah ke Mumbai pada tahun 1991. Pada tahun yang sama, sebelum filmnya dirilis, ia menikah Gauri Khan (yang merupakan Hindu) dalam sebuah pernikahan upacara adat Hindu pada tanggal 25 Oktober 1991. Mereka memiliki dua anak, putra Arya Khan (lahir 1997) dan putri Suhana (lahir 2000). Menurut Khan, sementara ia sangat percaya kepada Allah, ia juga menghargai agama istrinya. Di rumah, anak-anaknya mengikuti kedua agama, dengan Al-Qur'an yang terletak di sebelah para dewa Hindu.
Khan telah dianugerahi sejumlah penghargaan. Pada bulan April 2007, seukuran patung lilin Khan dipasang di Museum Lilin Madame Tussauds, London. Pada tahun yang sama, ia diberikan dengan Ordre des Arts et des Lettres (Orde Seni dan Sastra) penghargaan oleh pemerintah Perancis untuk "karir yang luar biasa" nya.
Pada bulan Oktober 2008, Khan dianugerahi Darjah Mulia Seri Melaka yang membawa kehormatan Datuk (dalam cara yang sama dengan "Sir" di ksatria Inggris), oleh Yang Dipertuan Negeri di Negeri Tun Mohd Khalil Yaakob, kepala negara dari Malaka di Malaysia . Khan merasa terhormat untuk "mempromosikan pariwisata di Malaka" dengan film One Two Ka Four sana pada tahun 2001. Ada yang kritis terhadap keputusan ini.
BackgroundKhan belajar bertindak di bawah dirayakan Teater Direktur Barry John di Delhi Teater Kelompok Aksi (TAG). Pada tahun 2007, John berkomentar demikian pada bekas muridnya itu, "Kredit untuk pengembangan fenomenal sukses dan pengelolaan karir Shahrukh pergi ke superstar sendiri." Khan membuat debut aktingnya pada tahun 1988 ketika ia tampil dalam serial televisi, Fauji, memainkan peran Commando Abimanyu Rai. Dia melanjutkan untuk tampil di beberapa serial televisi lainnya, terutama di tahun 1989 serial, Aziz Mirza Circus, yang menggambarkan kehidupan sirkus. Pada tahun yang sama, Khan juga memiliki peran kecil dalam film berbahasa Inggris yang dibuat-untuk-televisi, Dalam Yang Annie Memberikan itu Mereka Ones, yang didasarkan pada kehidupan di Delhi University dan ditulis oleh Arundhati Roy.

Pada Tahun 1990 Setelah pindah dari New Delhi ke Mumbai pada tahun 1991, Khan membuat debut film Bollywood di Deewana (1992). Film ini menjadi hit box office, dan meluncurkan karirnya di Bollywood. Penampilannya dia memenangkan Filmfare Best Male Debut Award. Film kedua, Maya Memsaab, menghasilkan beberapa kontroversi karena penampilannya dalam "eksplisit" adegan seks dalam film. Pada tahun 1993, ia memenangkan pertama Filmfare Best Actor Award untuk penampilannya di Baazigar. Kemudian, pada tahun 1995, Khan membintangi debut sutradara Aditya Chopra Dilwale Dulhania Le Jayenge, sukses kritis dan komersial, yang ia memenangkan kedua Filmfare Best Actor Award dan yang memasuki tahun kedua belas pada tahun 2007 di bioskop Mumbai. Pada saat itu film telah kotor lebih dari 12 miliar rupee, menjadikannya sebagai salah satu blockbuster film terbesar. 1996 adalah tahun yang mengecewakan, namun, seperti film-film yang dirilis tahun itu gagal melakukannya dengan baik di box office.
Dia kemudian membintangi sejumlah film sukses termasuk Yash Chopra Dil ke Pagal Hai (yang menjadi kedua terlaris film tahun itu dan yang memenangkan Filmfare Award Aktor Terbaik ketiga), Subhash Ghai itu Pardes (salah satu hits terbesar tahun ini) , dan 1998 debutnya Karan Johar, Kuch Kuch Hota Hai (box office lain "hit"). Ia juga memenangkan penghargaan untuk penampilannya dalam Mani Ratnam yang Dil Se yang tidak melakukannya dengan baik di box office India, tetapi sukses komersial luar negeri. Hanya rilis Khan pada tahun 1999, Baadshah, adalah grosir rata-rata.
Pada Tahun 2000 Keberhasilan Khan dilanjutkan dengan tahun 2000 film Aditya Chopra, Mohabbatein, co-dibintangi Amitabh Bachchan. Hal itu baik di box office, dan kinerja Khan memenangkan pungkasnya Kritik kedua Award untuk Best Performance. Dia juga membintangi Mansoor Khan Josh, yang juga sukses box office. Pada tahun yang sama, Khan mendirikan rumah produksi sendiri, Dreamz terbatas dengan Juhi Chawla. Kedua Khan dan Chawla membintangi film pertama dari rumah produksi mereka, Phir Bhi Dil Hai Hindustani. Karyanya dengan Karan Johar berlanjut saat ia berkolaborasi pada Kabhi Khushi Kabhie Gham yang merupakan hit terbesar kedua tahun ini. Dia juga menerima ulasan menguntungkan untuk penampilannya sebagai Kaisar Asoka dalam epik sejarah, Asoka. Khan juga membintangi remake dari tahun 2002 Sharat Chandra Chattopadhyay yang terkenal Novel Devdas, yang merupakan salah satu hits terbesar tahun itu. Hit box office tambahan termasuk Hum Tumhare Hain Sanam, yang melakukannya dengan baik di box office, dan Yash Chopra Veer-Zaara, yang merupakan hit terbesar tahun 2004 di kedua India dan luar negeri. Kinerja Khan dalam film dia memenangkan penghargaan di beberapa upacara penghargaan. Pada tahun yang sama, ia menerima pujian kritis untuk penampilannya dalam Ashutosh Gowariker yang Swades, yang memenangkan dia Filmfare Best Actor Award untuk keenam kalinya, meskipun film adalah kegagalan box office. Dia dinominasikan untuk Aktor Terbaik Filmfare Award untuk ketiga rilis pada tahun 2004, memenangkan untuk Swades. Kerja kolaboratif Khan dengan Karan Johar dilanjutkan dengan Kabhi Alvida Na Kehna yang berhasil di India dan banyak lagi di pasar luar negeri. Dia juga membintangi remake 2006 dari 1978 hit Don yang sukses box-office.
Keberhasilan Khan dilanjutkan dengan film lebih sangat populer beberapa. Salah satu karya yang paling sukses adalah beberapa film 2007-pemenang penghargaan, Chak De India, tentang Indian tim hoki nasional wanita. Produktif lebih dari Rs 639.000.000, Chak De India menjadi film ketiga terlaris tahun 2007 di India dan memenangkan lagi Filmfare Best Actor Award untuk Khan. dan kritis diakui. Pada tahun yang sama Khan juga membintangi film 2007 Farah Khan, Om Shanti Om. Film ini muncul sebagai film terlaris tertinggi tahun ini di India dan pasar luar negeri, serta membuatnya mendapatkan nominasi lain untuk Aktor Terbaik pada upacara Filmfare. Film yang lebih baru Khan termasuk rilis 2008, Rab Ne Bana Di Jodi dan Billu Barber yang akan segera dirilis.
Pekerjaan saat ini Khan saat ini berada di Los Angeles film My Name is Khan, karena untuk rilis November. Seiring dengan Gauri istrinya dan sutradara Karan Johar, ia mengambil istirahat dari syuting untuk menghadiri 66th Golden Globe Awards juga digelar di Los Angeles pada tanggal 11 Januari 2009. Khan diperkenalkan Slumdog Millionaire bersama dengan bintang dari film, Freida Pinto.
Produser TerkenalKhan berpaling produser ketika ia mendirikan sebuah perusahaan produksi bernama Dreamz terbatas dengan Juhi Chawla dan sutradara Aziz Mirza pada tahun 1999. Dua pertama dari film-film yang diproduksi dan membintangi: Phir Bhi Dil Hai Hindustani (2000) dan Asoka (2001) adalah kegagalan box office. Namun, film ketiga, sebagai produser dan bintang, Chalte Chalte (2003), adalah pertama box office hit dari rumah produksinya.
Pada tahun 2004, ia mendirikan perusahaan produksi lain yang disebut Red Chillies Entertainment dan diproduksi dan membintangi Main Hoon Na yang lain memukul di box office. Pada tahun 2005 ia diproduksi dan membintangi film fantasi Paheli, yang merupakan kegagalan box office. Itu resmi masuk India ke Piala Oscar untuk nominasi untuk Film Asing Terbaik, tapi tidak lulus seleksi akhir. Pada tahun yang sama ia juga co-diproduksi film horor supernatural Kaal dengan Karan Johar dan melakukan sebuah nomor item untuk film dengan Malaika Arora Khan. Kaal itu cukup sukses di box office. Film terbaru Om Shanti Om, yang dihasilkan serta membintangi, telah dilakukan dengan baik di box office. Pada tahun 2008, The Red Chillies Entertainment menjadi pemilik Kolkata Knight Riders di BCCI didukung IPL liga kriket.

 
Pembawa acara televisiPada tahun 2007, Khan menggantikan Amitabh Bachchan sebagai tuan rumah seri ketiga dari game show populer Kaun Banega Crorepati, versi India yang Ingin Menjadi Millionaire?. Sebelumnya telah diselenggarakan acara selama lima tahun 2000-05. Pada tanggal 22 Januari 2007, Kaun Banega Crorepati ditayangkan dengan Khan sebagai tuan rumah baru dan kemudian berakhir pada tanggal 19 April 2007.
Pada tanggal 25 April 2008, Khan mulai hosting game show Kya Aap Paanchvi Lulus Se Tez Hain?, Versi India Apakah Anda Smarter Than a 5th Grader?, Yang episode terakhir ditayangkan pada tanggal 27 Juli 2008, dengan Lalu Prasad Yadav sebagai khusus tamu.
>

Film Mantap Lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Profil Lengkap Aktor India : Shahrukh Khan"